Home » , » Masalah Resource id # pada Php mySQL

Masalah Resource id # pada Php mySQL

Selamat datang di arsip bertuah blog. pada posting saya kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang problem Resource id#. banyak sekali bentuk terjadinya resource id seperti   Resource id # 4,  Resource id # 5,  Resource id # 6,  Resource id # 7,  Resource id # 8 dan seterusnya.

bebrapa sumber yang telah saya baca termasuk stackoverflow yang mengatakan bahwa masalah resource id # ini bukanlah sebuah error.  Resource ini terjadi karena kita menampilkan return dari query. contohnya seperti coding dibawah ini:

<?php
$data=mysql_query("SELECT * from peserta where id_lomba='$a[id_lomba]'");
print_r($data); //penyebab terjadinya resource id#
while ($a = mysql_fetch_array($data)) { 
 print_r($a);
}
?>

Pada koding php di atas dapat kita lihat pada baris ke tiga ada sebuah koding untuk mencetak mysql query. sehingga mySQL akan mengembalikan nilai dengan resource # id. jadi yang seharusnya kita lakukan adalh menghapus koding tersebut baik berbentuk print ataupun echo. dan jika ingin menampilkan hasil dari eksekusi query gunakan variabel dan fungsi mysql_fetch_*. seperti koding di atas pada baris ke 4. lalu baru bisa kita cetak hasil eksekusi query. bagaimana faham gan ?…

lalu pengalaman yang membingungkan pada saat itu …hasil eksekusi query kosong. padahal sudah saya cek berulang kali kodingnya. saya rasa tidak ada yang salah. tapi kog tidak muncul apa-apa padahal data di tabel database sudah terinsert.

jika terjadi masalah seperti ini berarti ada masalah dengan query. silahkan agan copy query contoh  "SELECT * from peserta where id_lomba='$a[id_lomba]'" lalu buka phpmyadmin > pilih database agan > lalu klik menu sql di bagian atas > pastekan query di dlam kotak dan ganti '$a[id_lomba]’ dengan salah satu id yang ada pada tabel yang sudah di insert > klik go/mulai.

apakah ada hasil ? jika tidak ya masalah teradi pada penginputan, silahkan cek lagi apakah id ada karakter lain…seperti yang saya alami ada spasi di idnya contoh id “ K0001” dan pada query saya tidak menggunakan spasi “K0001”. dan ini terjadi karena kesalahan input.

sekian penjelasan dari saya semoga dapat membantu dalam menyelesaikan masalah dalam pemograman newbie .silahkan komen dibawah ini unruk diskusi lebih lanjut
Terima kasih telah membaca Silahkan baca artikel terkait dibawah ini.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
arsipbertuah
arsipbertuah Updated at: September 11, 2017

1 komentar:

komentar dengan link aktif di anggap spam dan akan segera di hapus.