Home » » Belajar PHP menghitung selisih tanggal

Belajar PHP menghitung selisih tanggal

selamat datang kembali pada belajar pemrograman dasar PHP arsipbertuah.pada posting kali ini ane akan membahas tentang belajar menghitung selisih tanggal. menghitung selisih tanggal sering kita jumpai dalam beberapa kasus pada saat membuat sebuah projek sistem informasi, aplikasi dll.salah satu contohnya adalah untuk menghitung umur yang akan dihitung berdasarkan tanggal lahir. selisih tanggal adalah rentang waktu antara dua tanggal. adapun tujuan kita belajar ini untuk mengolah data yang berkaitan dengan perhitungan tanggal. pada php untuk menghitung selisih antara dua tanggal memiliki basic coding seperti dibawah ini:

belajar php menghitung umur berdasarkan tanggal lahir

koding php menghitung umur dari tahun lahir ke tahun saat ini

<?php
$tgl_lahir=new datetime(date("1994-01-10"));
$sekarang =new datetime (date("Y-m-d"));
$interval = $tgl_lahir->diff($sekarang);
$umur=$interval->y;
echo " umur anda adalah $umur tahun";
?>
nah, jika coding php diatas kita jalankan hasilnya  adalah “umur anda adalah 23 tahun”  karena dihitung dari tahun lahirnya 1994 sampai 2017. fungsi coding diatas dapat kita kembangkan lagi untuk menghitung selisih tanggal pada kasus-kasus yang lain.agar dapat mempermudah memahami dan mengetahui bagaimana penggunaannya koding dasar php diatas.alangkah lebih baiknya agan praktekkan langsung di komputer agan. caranya mudah, buka text editor di komputer agan ketik kode php seperti koding diatas . simpan di folder c:/xampp/htdoct buat nama file terserah agan misal selisih-tgl.php. dan untuk menjalankan buka browser ketik url localhost/selisih-tgl.php sebelum menjalankan pastikan agan sudah mengaktifkan apachenya di xampp. untuk lebih cepat memahami silahkan agan otak-atik kodingnya sendiri.

Bagaimana menghitung umur dari database mysql menggunakan php ?

oke, untuk menghitung umur menggunakan database kodingnya sama dengan yang diatas hanya saja tanggal lahirnya kita ambil dari database sedangkan pada koding php diatas ane mengimputkan tanngal lahirnya tulis manual pada text editor. belum tau cara menampilkan data dari database mysql baca disini.
Terima kasih telah membaca Silahkan baca artikel terkait dibawah ini.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
arsipbertuah
arsipbertuah Updated at: January 10, 2017

0 komentar:

Post a Comment

komentar dengan link aktif di anggap spam dan akan segera di hapus.