Home » » Pengertian Cluster Computer

Pengertian Cluster Computer

pengertian Cluster Computer 

Cluster computer adalah suatu sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang menggabungkan beberapa komputer dalam suatu jaringan dimana komputer tersebut dapat bekerjasama dalam pemrosesan suatu masalah. dari penggabungan beberapa komputer dalam satu jaringan tentu komputer tersebut dapat menghasilkan kecepatan yang sangat tinggi dalam prosesnya.
 
adapun komponen yang terdapat pada cluster computer adalah :
  • Node,sistem komputer terdiri dari beberapa node paling sederhananya terdiri atas dua node. node disini adalah  komputer yang mandiri artinya mampu memproses tugas komputasi tanpa node lain.
  • sistem operasi yang mendukung jaringan kumputer
  • Cluster middleware ,perangkat yang memungkinkan node yang ada bisa saling bekerjasama.
  • Aplikasi yang mendukung pemindahan tugas .


jenis-jenis Cluster computer :
  1. High Availability Cluster
  2. High Performance Computing Cluster
  3. Load balancing Cluster
Tujuan pembuatan Cluster computer:
a.High availability Cluster
pada sistem ini cluster dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan unjuk kerja komputasi dengan memecahkan tugas tugas ke beberapa node.

b.Load Balancing
tujuannya untuk membagi operasi node ke node lain sehingga semua operasi tertangani dengan baik dan sebuah node tidak mempunyai Load yang berlebihan.

c.High availability Cluster
sistem ini bertujuan agar sebuah layanan dapat terus tersedia tidak terhalang oleh SPOF (single poin of failur, komponen sistem yang yang jika gagal beroperasi mengakibatkan tidak tersedia ,contohnya kerusakan pada server,kerusakan HDD dll.

Manfaat dari Cluster computer 

  • mengurangi biaya
  • pengolahan power
    yang artinya kekuatan pemrosesan paralel dari cluster kinerja tinggi dalam banyak kasus ,terbukti biaya lebih efektif daripada mainframe dengan kekuatan yang sama harga lebih rendah per unit daya memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan ROI yang lebih besar dari anggaran IT mereka.
  • meningkatkan jaringan teknologi
    Driving pengembangan cluster komputer telah mengalami kemajuan besar dalam teknologi yang berhubungan dengan jaringan bersama dengan penurunan harga teknologi tsb.
  • Skalabilitas
    mungkin keuntungan terbesar dari cluster komputer adalah skalabilitasnya .cluster komputer dapat dengan mudah di perluas sebagai perubahan persyaratan dengan menambahkan node tambahan ke jaringan .
  • Ketersediaan
    ketika komputer mainframe gagal,seluruh sistem gagal dan jika sebuah node dalam sebuah cluster komputer gagal, operasi bisa dengan sederhana di transfer ke node lain dalam cluster.memastikan bahwa tidak ada gangguan dalam pelayanan.

    Terima kasih telah membaca Silahkan baca artikel terkait dibawah ini.

    « Previous
    « Prev Post
    Next »
    Next Post »
    arsipbertuah
    arsipbertuah Updated at: May 27, 2013

    6 komentar:

    komentar dengan link aktif di anggap spam dan akan segera di hapus.