Home » , » cara buat segi empat dan segi tiga warna dengan C++ (grafika komputer)

cara buat segi empat dan segi tiga warna dengan C++ (grafika komputer)

membuat gambar 2D segitiga dan bujur sangkar warna grafika komputer


welcome to arsipbertuah.blogspot.com  pada update kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu grafika komputer,barangkali bisa digunakan sebagai panduan dalam membuat tugas praktikum grafika komputer yang menggunakan c++ dan bisa ditampilkan via open GL. yang hasilnya seperti gambar dibawah ini :
tampilannya memang sederhana gan …tapi kalo codingnya bisa dibilang lumayan laah… : ) padahal ini baru ilmu dasarnya dalam grafika komputer.untuk referensi sobat untuk belajar grafika komputer dibawah ini saya berikan coding untuk menampilkan hasilnya sesuai dengan gambar dibawah ini.
grafika_komputer
gbr 2D 
gambar tersebut adalah hasil gambar transformasi 2D pada grafika komputer. yang dihasilkan menggunakan bahasa pemograman c++ dan ditampilkan dengan openGL.

apa itu openGL

OpenGL adalah kumpulan standard API (Application Programming Interface) yang menghubungkan software dengan hardware grafis untuk menampilkan gambar 2D dan 3D. Intinya OpenGL itu adalah kumpulan library untuk mengakses hardware (GL= graphical library). Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana.

 source code c++ untuk menampilkan gambar segitiga dan segi empat


#include <GL/glut.h>
#include <windows.h>
void init (void) {
glClearColor (1.0, 1.0, 1.0, 0.0);
glLineWidth (1.0);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glOrtho (-6,6, -6,6, -6,6); //(sumbu X & Y)
}
void Display (void) {
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin (GL_LINES); //sumbu X
glVertex2f (-5.5, 0.0); //Sumbu X negatif
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (5.5, 0.0); //Sumbu X positif
glEnd ();
glBegin (GL_LINES); // sumbu Y
glVertex2f (0.0, -5.5); //Sumbu Y negatif
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (0.0, 5.5); //Sumbu Y positif
glEnd (); //
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 1.0); //Titik A (1,1)
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (4.0, 1.0); //Titik B (4,1)
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (1.0, 5.0); //Titik C (1,5)
glBegin (GL_TRIANGLES);
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (-1.0, 1.0); //Titik A (-1,1)
glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (-4.0, 1.0); //Titik B (-4,1)
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-1.0, 5.0); //Titik C (-1,5)
glEnd ();
glBegin (GL_TRIANGLE_STRIP);
glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (1.0, -1.0); //Titik A (1,-1)
glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (4.0, -1.0); //Titik B (4,-1)
glColor3f (0.0, 1.0, 1.0);
glVertex2f (1.0, -5.0); //Titik C (1,-5)
glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (4.0, -5.0); //Titik D (4,-5)
glEnd ();
glBegin (GL_QUAD_STRIP);
glColor3f (0.0, 1.0, 0.0);
glVertex2f (-1.0, -1.0); //Titik A (-1,-1)
glColor3f (1.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (-4.0, -1.0); //Titik B (-4,-1)
glColor3f (0.0, 0.0, 1.0);
glVertex2f (-1.0, -5.0); //Titik C (-1,-5)
glColor3f (1.0, 0.0, 0.0);
glVertex2f (-4.0, -5.0); //Titik D (-4,-5)
glEnd ();
glutSwapBuffers ();
}
void main (int argc, char** argv) {
glutInit (&argc, argv);
glutInitDisplayMode (GLUT_DOUBLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowPosition (0, 0);
glutInitWindowSize (1000, 800);
glutCreateWindow ("Latihan 2");
init ();
glutDisplayFunc (Display);
glutMainLoop ();
}

untuk melihat hasilnya bisa agan ambil source codenya dan di pastekan di program c++ di komputer agan. sekin dari saya semoga memberi manfaat buat referensi belajar grafika komputer.


Terima kasih telah membaca Silahkan baca artikel terkait dibawah ini.

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »
arsipbertuah
arsipbertuah Updated at: October 11, 2014

0 komentar:

Post a Comment

komentar dengan link aktif di anggap spam dan akan segera di hapus.